7 JENIS BAHAN MENGEPAK BARANG YANG AMAN UNTUK DIGUNAKAN

Ingat perasaan saat Anda menerima Iphone baru? Melepas segel plastik dan merasakan kotak pembungkusnya yang ramping? Dengan menyentuh kotak untuk pertama kalinya Anda sudah merasakan pentingnya, kualitas & pentingnya perangkat ini. Ini bukan kebetulan! Apple dengan cermat menyusun strategi bagaimana mereka akan mengemas produk mereka agar selaras dengan merek mereka dalam memberikan inovasi produk & pengalaman konsumen terbaik!

Jelas bahwa pengemasan memainkan peran besar dalam nilai yang dirasakan dari suatu produk dan secara keseluruhan, industri pengemasan benar-benar tidak banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir, dibandingkan dengan inovasi konstan yang dibuat dalam teknologi portabel. Dengan semua pilihan kemasan dan kotak yang tersedia di pasar saat ini, seringkali menjadi sulit untuk memilih solusi pengemasan yang paling tepat untuk produk Anda. Mari kita lihat beberapa jenis opsi pengemasan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman produk dan pelanggan Anda!

1. Kotak karton

Karton merupakan bahan dasar kertas yang ringan namun kuat. Ini dapat dengan mudah dipotong dan dimanipulasi untuk membuat bentuk dan struktur khusus. Karakteristik ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam kemasan yang dipersonalisasi. Itu dibuat dengan mengubah bahan berserat yang berasal dari kayu atau dari kertas bekas daur ulang menjadi bubur kertas, dan kemudian memutihkannya. Kemasan karton tersedia dalam berbagai tingkatan, masing-masing sesuai untuk kebutuhan pengemasan yang berbeda.

Karton SBS (atau solid bleached sulfate) dapat digunakan untuk mengemas kosmetik, obat-obatan, susu dan jus, kosmetik, makanan beku dan banyak lagi. Memilih kemasan kertas karton kraft, atau CUK (dilapisi kraft yang tidak dikelantang) adalah untuk mereka yang lebih menyukai kertas daur ulang yang terlihat alami dan ramah lingkungan, yang dapat digunakan untuk aplikasi pengemasan serupa. Kraft sering dianggap kurang tahan terhadap kelembapan, sehingga kurang cocok untuk produk terkait makanan, atau kemasan barang beku. Dengan kombinasi pilihan desain yang tepat, kemasan karton dapat terlihat mewah, tanpa harga mahal.

2. Kotak bergelombang

Kotak bergelombang hanya mengacu pada apa yang biasa dikenal sebagai: Karton. Kotak bergelombang adalah salah satu yang mungkin dianggap banyak orang sebagai 'karton' karena menghasilkan kotak pengiriman, sepatu & penyimpanan yang besar. Yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa corrugated box juga memiliki tipe yang berbeda-beda tergantung dari keawetan dan kekuatan box tersebut. Mengidentifikasi bahan bergelombang tertentu, bagaimanapun, mudah. Bagaimana Anda menentukan bahannya? Melalui media bergelombangnya (juga dikenal sebagai seruling). Mengidentifikasi bahan bergelombang itu mudah. Ini terdiri dari 3 lapisan kertas, lapisan luar, lapisan dalam, dan media bergelombang (juga dikenal sebagai seruling). Media bergelombang yang memberikan kekuatan dan kekakuan.

Bahan baku utama yang digunakan untuk membuat papan bergelombang adalah kertas daur ulang, dibuat dengan mesin besar presisi tinggi yang disebut corrugator. Papan jenis ini dapat digunakan kembali dan didaur ulang berulang kali sebagai sumber serat pulp. Papan bergelombang memiliki jenis yang berbeda, bermuka tunggal, bermuka dua (dinding tunggal), dinding kembar, dan dinding tiga. Mereka dapat digunakan untuk membuat kemasan dengan karakteristik, penampilan, dan kekuatan yang berbeda. Papan dipotong dan dilipat menjadi berbagai ukuran dan bentuk menjadi kemasan bergelombang. Aplikasi lain dari kemasan papan bergelombang termasuk kemasan ritel, kotak pengiriman pizza, paket barang konsumsi kecil, dan sebagainya.

3. Kotak plastik

Plastik digunakan dalam berbagai macam produk, dari pesawat luar angkasa hingga penjepit kertas. Sejumlah bahan tradisional seperti kayu, kulit, kaca, keramik, dan lain sebagainya sudah tergantikan oleh plastik.

Kemasan kotak plastik memiliki banyak keunggulan yaitu dapat didaur ulang, dan umumnya jauh lebih tahan lama dibandingkan kotak karton. Wadah kemasan plastik kedap udara dapat membantu menjaga kualitas makanan dan menghilangkan masalah kontaminasi. Kemasan plastik juga tidak mudah pecah dan dapat disimpan bersama makanan dalam kondisi ekstrim.

Alasan lain mengapa plastik menjadi pilihan populer untuk bahan kemasan adalah karena kemampuannya untuk menampilkan produk dari sudut manapun tanpa harus membuka kemasannya. Ini juga fleksibel, ringan dan dapat diaplikasikan dengan film atau lapisan untuk meningkatkan tampilan kemasan.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, plastik sebenarnya dapat didaur ulang, dalam arti membutuhkan lebih sedikit energi untuk menghasilkan plastik baru, dibandingkan dengan kaca, dan bahan lainnya. Yang terbaik dari semuanya, ini sangat hemat biaya!

4. Kotak yang kaku

Saya yakin Anda selalu bertanya-tanya jenis kotak yang mereka gunakan untuk mengemas iPhone atau produk ritel mewah seperti Rolex, Tiffany & Co, dan Marc Jacobs. Anda mungkin merasa ini adalah jenis karton tetapi masih belum yakin karena tampilannya yang tahan lama dan premium. Jenis bahan karton ini disebut kotak kaku.

Kotak yang kaku terbuat dari kertas karton yang sangat kental yang 4 kali lebih tebal dari karton yang digunakan untuk pembuatan karton lipat standar. Contoh kotak kaku di dunia nyata yang paling mudah adalah kotak yang menampung iPhone dan iPad Apple, yang merupakan 2 buah kotak penyetelan kaku.

Dibandingkan dengan karton dan kotak bergelombang, kotak kaku jelas merupakan salah satu model kotak yang paling mahal. Kotak yang kaku biasanya tidak memerlukan cetakan yang mahal atau mesin besar dan seringkali buatan tangan. Sifatnya yang tidak dapat dilipat juga memberi mereka volume yang lebih tinggi selama pengiriman, yang dengan mudah menimbulkan biaya pengiriman yang lebih tinggi.

Kotak-kotak ini biasanya digunakan dalam merchandising kosmetik, perhiasan, teknologi, dan couture mewah kelas atas. Mudah untuk menggabungkan fitur seperti platform, jendela, tutup, engsel, kompartemen, kubah, dan emboss dalam kotak yang kaku.

5. Kemasan chipboard

Kemasan chipboard digunakan dalam industri seperti elektronik, medis, makanan, kosmetik, dan minuman. Chipboard pada dasarnya adalah jenis kertas karton yang terbuat dari stok kertas bekas. Dapat dengan mudah dipotong, dilipat, dan dibentuk. Ini adalah opsi pengemasan yang hemat biaya untuk produk Anda.

Itu datang dalam berbagai kepadatan dan kekuatan ditentukan oleh seberapa tinggi kepadatan material tersebut. Jika Anda ingin gambar langsung dicetak ke papan chip, Anda dapat merawat papan chip dengan pemutih sulfat, dan dengan CCNB (Clay Coated News Back) yang membuat bahan lebih tahan lama.

Anda tidak dapat menggunakan kemasan papan chip jika bisnis Anda berkaitan dengan barang-barang berat, karena lembaran papan chip adalah bahan yang ringan, dibuat untuk banyak barang kebutuhan sehari-hari seperti sereal, kerupuk, kotak tisu, dan lain sebagainya. Selain itu, jika lingkungan penyimpanan sangat lembab, papan chip dapat dengan mudah melemah, dan mengakibatkan perubahan warna dan ekspansi.

6. Kantong poli

Kantong poli, juga dikenal sebagai kantong atau kantong plastik, dibuat dari kain film plastik yang fleksibel dan tipis. Ini adalah salah satu jenis kemasan yang umum dan dapat membawa berbagai macam produk termasuk makanan, bunga, limbah, bahan kimia, majalah, dan sebagainya.

Tas poli tahan lama namun ringan, dapat digunakan kembali dan fleksibel. Karena tas poli secara struktural sederhana untuk dibuat, itu dapat sepenuhnya disesuaikan dalam desain, gaya & ukuran tetapi tetap hemat biaya. Daur ulang plastik juga dimungkinkan dengan polybag, tergantung pada konstruksinya. Sebagian besar tas poli dibuat dengan fitur keamanan, lampiran pita, lubang gantung, dan pegangan pembawa untuk memastikan produk diamankan dengan baik dan menarik secara visual bagi pelanggan.

7. Kantong bersegel foil

Kantong bersegel foil biasanya terlihat di sebagian besar kemasan kopi dan teh. Mengapa? Itu membuat produk tetap padat untuk menjaga rasa, melindunginya dari bakteri yang masuk dan membantu meningkatkan umur simpan. Selain makanan, tas bersegel foil juga digunakan untuk mengemas produk tempat tidur dan pakaian. Prosesnya melibatkan pengeluaran oksigen dari tas untuk menjaga kain tetap kencang dan aman untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri lainnya. Kacang-kacangan, sereal, ikan asap, keju, dan daging yang diawetkan juga dikemas dengan kantong berlapis foil untuk mencegah pembusukan.

 


Mau Dapatkan Harga Spesial?

Hubungi Kami
 
 

Location

  • Kantor Jakarta: JL. Lodan Raya Dua Blok A16 Ancol Pademangan Jakarta Utara
  • Kantor Tanjungpinang: Jl. Raja Haji Fisabililah No. 53 KM. 8 Atas (Depan Bintan Mobil)
  • Kantor Jogja: Perum. Putri Adi Citra B4, Jl. Sukun Ngiringin,Condong Catur, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta
  • Kantor Surabaya: Pasar Turi Pintu H Surabaya
  • Kantor Pekanbaru: Jl. Imam Munandar Ruko No. 06 (Samping Alam Mayang) Kec. Tenayan Raya Kel. Tangkerang Timur
  • Kantor Batam :Ruko Mega Legenda Blok C3-12 B Batam, Kepulauan Riau
  • Kantor Karimun :Jl. Kampung Baru , RT/RW 006/003, Kel. Sungai Pasir Kec. Meral Kab. Karimun, Kepulauan Riau

Contact

 0811 6664 470 (Putri)

 0812 7030 0077 (Zilla)

 0852 7354 0077 (Sri)

 0812 6186 3535 (Widya)

 0812 7675 3535 (Yuriza)

 0821 7885 9900 (Romero)

 0822 8825 0011 (Lina)

 0813 6596 4343 (Dea)

 0813 1977 5943 (Aisyah)

 0823 8569 9955 (Galuh)

Email: siba.admn@gmail.com
 
 

Open Hours

Senin - Sabtu : 08.30 s/d 17.30
Minggu: Libur

GOOGLE BISNIS